Senin , 18 November 2019
Home / Kabar Kampus / Jam beker Mahasiswa UII Ini Beralarm Mainan Tradional

Jam beker Mahasiswa UII Ini Beralarm Mainan Tradional

YOGYAKARTA – Tim mahasiswa Fakultas Teknologi Industri UII membuat inovasi berupa jam beker beralarm mainan tradisional. Tim yang terdiri dari Achmad Sergian, Alvin Agustin, dan Oni Achmadi itu memadukan jam beker dengan mainan tradisional othok-othok.

Alvin mneyampaikan, jam beker beralarm mainan tradisional merupakan produk inovasi yang berupaya menggabungkan nilai tradisional dan modern ke dalam satu produk yang unik. Jika biasanya alarm jam beker berbunyi nyaring, jam ini akan menghasilkan bunyi khas dari putaran mainan othok-othok yang menyatu di dalamnya.

Selain itu, produk ini memiliki keunikan yaitu bahan-bahan yang hampir seluruhnya berasal dari alam, seperti rangka jam yang terbuat dari bambu petung yang telah dilaminasi.

Ia mengeluarkan dua varian jam yakni, berupa jam analog yang angkanya bertuliskan aksara jawa dan jam digital. Selain memiliki kegunaan fungsional sebagai jam, produk tersebut juga cocok dijadikan sebagai cindera mata atau handycraft bernilai jual tinggi.

Alvin menambahkan, untuk menyelesaikan produknya dibutuhkan waktu sekitar enam bulan. Waktu tersebut sebagian besar tersita untuk melakukan riset dan mencari mitra yang dapat mensuplai bahan-bahan bagi produknya.

Meski telah berhasil menciptakan produk, Alvin merasa masih banyak hal yang perlu disempurnakan. Alvin menuturkan, ke depan pihaknya akan menambah variasi jenis mainan tradisional yang melekat pada jam. Mereka ingin mengembangkan lagi, tidak hanya othok-othok, namun dapat juga mainan krotokan, angklung mini, atau mungkin seruling bambu yang lengkap dengan bunyinya. (UII/IK-SS)

Check Also

Cara Orangtua Hadapi Anak yang Iri dengan Temannya

Betulkah Anak Pertama Lebih Pintar daripada Adiknya ?

Edupost.id – Kabar gembira bagi Anda yang termasuk anak sulung. Riset terbaru menunjukkan bahwa anak sulung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *